Kalis

Ka.lis: suci; bersih; murni


Ternyata tidak semua yang bersih dan suci akan benar-benar tampak kebersihan dan kesuciannya. Ternyata, hal yang bersih dan suci juga bisa menjadi sebuah ujian bahkan dalam keseharian. Tahukah Anda apa hal yang suci dan bersih itu? Itulah anak (-anak).


“Diangkat pena dari tiga golongan, orang gila sehingga sadar, orang tidur hingga bangun, dan anak kecil hingga baligh.” (HR. Abu Daud)


Anak-anak yang kerap membuatku emosi itu sebenarnya adalah makhluk yang masih suci, tidak ada dosa pada mereka. Walaupun adakalanya mereka mengangkat suara, melawan perintah, menolak ajakan, yang ujungnya membuat marah orang tua, tetapi sejatinya mereka masihlah suci dan bersih dari dosa.


Jika dengan kondisi mereka yang masih kalis begitu, aku mudah terpancing emosi menghadapinya, bagaimanalah lagi ketika mereka sudah baligh nanti? Akankah aku semakin mengobral emosi? Renungan malam ini tiba-tiba jadi menyeramkan kalau dibayangkan.


Melihat di berita-berita tentang banyaknya anak remaja yang berani melawan dan berbuat kasar pada orang tuanya saja aku sudah geram. Namun, bagaimana jika nanti anakku seperti itu? Bukankah tidak ada jaminan bahwa anakku akan menjadi anak yang saleh? Astaghfirullaah…


Untungnya, masih ada waktu untuk berbuat yang terbaik. Masih ada kesempatan untuk memaksimalkan ikhtiar. Masih ada waktu untuk memanjatkan doa-doa. 

Semoga Allah mudahkan aku untuk melihat anak-anak ini sebagai makhluk kecil yang kalis. Makhluk kecil yang walaupun memancing emosi, itu bukan karena kehendak mereka, tetapi semata karena ketidaktahuannya.


Dan semoga kelak mereka bisa menjaga hatinya agar tetapi bersih dan suci, walaupun sudah baligh nanti. Amin.


#Writober2024

#Kalis

#RBMIPJakarta

#IbuProfesional


Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel "Represi"

Pengalaman Kuret Setelah Melahirkan

Resensi Teruslah Bodoh Jangan Pintar (Tere Liye)