Mendadak Thriller Gara-gara Aplikasi Penipuan

Kemarin sore menjadi hari yang menegangkan. Karena tanpa sengaja, aku memgunduh file berekstensi .apk yang dikirimkam via WA oleh seorang kawan. You know what it means? Yap! Itu adalah aplikasi penipuan.

Kabar tentang modus penipuan ini sudah banyak tersebar, aku pun sudah tahu. Aku bahkan pernah mengingatkan ibuku tentang adanya modus seperti ini. Namun, ketika dihadapkan langsung, well, it's a different story.

Awalnya aku memang merasa bingung, kok temanku tiba-tiba mengirim WA ke sebuah grup webinar yang sudah lama. Kemudian kubacalah pesan WA itu. Wah, undangan pernikahan. Siapa yang menikah? Batinku.

Lalu, seperti refleks saja, jari jempolku dengan entengnya mengklik file yang berjudul "undangan pernikahan. Baru beberapa detik setelahnya aku menyadari bahwa file itu adalah APK. Hampir saja aku mengklik lagi file itu dengan maksud meng-cancel unduhan, tapi ternyata sudah selesai diunduh! Kalau kutekan lagi justru akan membuka file dan menginstall aplikasi jahanam itu.

Akhirnya karena panik, aku langsung mematikan handphone. Kemudian aku menelepon CS bank BSI dan memblokir akun mobile banking. Sedangkan CS bank Mandiri menyarankan aku memblokir tidak hanya mobile banking, tapi juga ATM dan rekening. Just to be safe. Aku menurut saja.

Setelah itu barulah aku kembali menyalakan handphone, sambil tetap di airplane mode. Aku mencari-cari aplikasi yang terinstall, tapi tidak ketemu. Termasuk di sistem. Kemungkinan file aplikasi itu baru terunduh, tapi belum terinstall. 

Aku pun mencari file yang diunduh tadi, tapi lagi-lagi tidak ketemu di Files. Baru ketika aku menggunakan fitu cari, dengan keyword "undangan", muncullah file laknat tersebut. Aku langsung menghapus file itu.

Namun, sampai dua belas jam setelah itu, aku belum berani menyalakan akses internet di handphon. Hh.. Begitulah sore hariku yang mendadak thriller.

Alhamdulillah 'ala kulli haal.
Ini menjadi teguran tersendiri buatku. Mungkin aku terlalu banyak main HP, scroll-scroll tak berfaedah. Padahal ini hari arafah, harusnya banyak beribadah. 

#30DWCJilid46
#30DWC
#Day15

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel "Represi"

Pengalaman Kuret Setelah Melahirkan

Lima Hal yang Membuat Bartimaeus Trilogy Menarik